Legenda Sepakbola Johan Cruyff Meninggal

9

9

Bola Spektakuler , Dunia – Kabar duka kembali melanda dunia sepakbola. Olahraga paling digemari di dunia ini baru saja kehilangan satu tokoh yang paling berpengaruh dalam sejarah, yakni Johan Cruyff.

Mantan pemain serta pelatih Barcelona itu meninggal dunia pada usia 68 tahun setelah berjuang melawan kanker paru-paru yang sudah dideritanya sejak Oktober 2015. Penyakit itu imbas dari kebiasaannya yang gemar merokok seusai pensiun sebagai pesepakbola profesional.

Meski begitu, jasa Cruyff dalam pengembangan dunia sepakbola tidak perlu mendapatkan keraguan lagi. Terlebih dari otaknya gaya bermain Total Football tercipta, yang di masa kini diadaptasi Barcelona dan Timnas Spanyol dengan nama Tiki-Taka.

Melihat sejumlah catatan positifnya itu, membuat banyak tokoh sepakbola merasa sangat kehilangan sosok Cruyff. Salah satu merasakan duka yang amat mendalam atas meninggalnya Cruyff adalah legenda Timnas Belanda, Ronald de Boer.

“Saya masih tidak bisa mempercayai kabar ini, terlebih 68 tahun masih merupakan usia yang sangat muda baginya meninggalkan olahraga yang sudah banyak dikembangkannya ini,” ucap De Boer, seperti dikutip Goal, Jumat (25/3/2016).

“Selain itu, Johan merupakan sosok yang sangat ramah. Ia selalu membuat orang-orang tertawa dan merasa senang berada di dekatnya. Namun kini sosok yang kami kagumi itu sudah pergi meninggalkan kami semua,” tutup pria berusia 45 tahun tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *