Xavi: Kesalahan Besar Mengganti Filosofi Permainan Barca

AppleMark
AppleMark

AppleMark

Bola Spektakuler , Spanyol – Mantan kapten Barcelona, Xavi Hernandez, mengatakan bahwa jika Blaugrana mengganti filosofi permainannya akan menjadi kesalahan besar. Filosofi permainan Barca sudah terbentuk sejak 30 tahun lalu.

Banyak yang menilai kedatangan Luis Enrique akan mengubah gaya bermain Lionel Messi dan kawan-kawan. Namun Xavi membantah hal tersebut. Menurutnya sangat sulit untuk mengubah gaya bermain Barca.

“Tidak. Tentu tidak. Akan sangat sulit mengubah filosofi sepakbola Barcelona. Dan kami akan membuat kesalahan besar jika kami mempertimbangkan filosofi tim,” ujar Xavi, seperti melansir dari Football-Espana, Sabtu (26/3/2016).

“Johan Cruyff memperkenalkan filosofi tim sejak 30 tahun yang lalu dan sampai sekarang itu tidak berubah,” lanjut pemain berkebangsaan Spanyol tersebut.

Filosofi permainan yang lebih dikenal dengan istilah tiki-taka memang membuat Barca menjadi salah satu tim menakutkan di dunia. Terbukti dalam satu dekade terakhir, klub yang bermarkas di Camp Nou itu sudah empat kali mengangkat trofi Liga Champions.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *